Basmi Virus Komputer Dengan Rescue Disk/CD

Salah satu upaya yang bisa kita gunakan tuk clean up virus dan malware lain yang menginfeksi ke dalam sistem komputer ialah dengan menjalankan scanning virus menggunakan Antivirus yang ada didalam CD Bootable atau dikenal pula dengan sebutan Rescue CD. Rescue CD tersebut selain merupakan alat senjata darurat yang dapat kita gunakan tuk scanning dan mmebasmi sistem komputer dari rootkit, spyware, virus, dan malware lainnya. Didalam Rescue CD pula biasanya difasilitasi dengan tool-tool bermanfaat lainnya semacam tool tuk memanipulasi file dan folder, configure network connection, create serta delete partisi hardisk, dsb.

Misalnya saat windows Anda gagal booting atau tak bisa start up dengan normal, tidak cuma dari masalah kerusakan hardware, kemungkinan yang lain hal ini diakibatkan karena malware yang sudah merusak sistem operasi komputer yang tadinya normal. Berikut ini ialah sejumlah Rescue CD yang bisa kita gunakan tuk melakukan scanning sekaligus membasmi beraneka virus yang menginfeksi komputer dari beraneka vendor Antivirus:

  1. AVG Rescue CD. AVG Rescue CD, adalah CD Bootable berplatform Linux dari AVG Antivirus yang memiliki fungsi sebagai Antimalware yang bakal memberikan perlindungan atas virus, worm, spyware, pencuri identitas, Trojan, rootkit, dan lain sebagainya.
  2. Kaspersky Rescue Disk. Kaspersky Rescue Disk 10 diusung tuk scanning dan mendisinfeksi komputer x86 serta x64-kompatibel yang sudah terinfeksi. Aplikasi ini musti digunakan saat infeksi terlampau parah sehingga tak mungkin tuk mensterilkan komputer memakai anti-virus aplikasi maupun utilitas penghapusan malware berjalan di bawah sistem operasi komputer. Kaspersky Rescue Disk menonjolkan interface yang simple serta mudah tuk digunakan. Aplikasi scan virusnya memeriksa hidden startup objects, boot sector, serta local hardisk. Tiap file yang terinfeksi virus kemudian dapat kita karantina, desinfeksi maupun dihapus. Kaspersky Rescue CD lengkap menu Update Center tuk mengupdate database secara malware definitions database.
  3. Dr.Web LiveCD. Bila komputer kita terinfeksi malware yang membuat komputer tak bisa booting, maka kita boleh memakai Dr.Web Live CD. Aplikasi seperti ini akan clean up komputer dari file yang sudah terinfeksi virus serta file-file yang dianggap mencurigakan dan bahaya. Dr.Web Live CD pun dilengkapi tool tuk mengupdate virus databases serta component lainnya yang diperlukan.
  4. Avira AntiVir Rescue System. Sama semacam Dr.Web serta AVG Rescue, Avira AntiVir Rescue System dapat kita gunakan tuk mengakses, merepair sistem yang rusak, menolong data dan mengerjakan scan virus dari komputer yang tak bisa di-boot lagi. File .iso Rescue CD ini melulu diperbaharui beberapa hari sekali hingga update keamanan terkini selalu tersedia.
  5. Norton Bootable Recovery Tool. Norton Bootable Recovery Tool diklaim bisa merepair kerusakan yang sangat parah sekalipun dari komputer yang kena virus. Norton Rescue Tool bisa membantu membasmi threats dan crimeware hingga bisa memulihkan lagi kesehatan komputer. Sejumlah vendor antivirus lainnya semacam Bit Defender, F-Secure, Panda AntiVirus dan PC Tools pun mengeluarkan barang Rescue CD yang mungkin sama, tapi saya rasa 5 Rescue CD diatas cukup tuk basmi virus dan malware lain yang menginfeksi sistem komputer.
  6. Clean Up Menggunakan Rescue Disk. Untuk memakai Rescue Disk tersebut, pertama kali kita musti burning file.iso yang sudah didownload tadi ke media CD memakai aplikasi burning tool semacam Nero, CD Burner XP ataupun InfraRecorder. Setelah selesai, bootinglah komputer dengan CD ROM dan lakukan pembersihan virus memakai rescue disk itu.  Selamat mencoba..!

Leave a comment

Your email address will not be published.