Mau Budidaya Tanaman Yang Simpel? Bawang Merah Jawabnya

Mau Budidaya Tanaman Yang Simpel? Bawang Merah Jawabnya

Budidaya Bawang Merah, untuk sebagian orang biasa, dipahami selaku teknik bertani yang sulit dan membutuhkan kesabaran. Untuk itu jika Anda berniat tuk menjalankan penanaman bawang merah lalu ada baiknya Anda memahami beberapa langkah-langkah vital yang mampu menyokong Anda mendapat bawang merah sehat dan berkualitas. Beberapa orang berminat berwirausaha bawang merah sebab tanaman ini dikenal punya nilai ekonomi tinggi hingga amat menggiurkan tuk dicoba dibudidayakan. Disamping itu bawang merah pun sering dimanfaatkan menjadi obat herbal yang bisa mengobati beraneka macam penyakit, Makanya tidak salah jika mau melakukan budidaya tanaman bawang merah.

Ketika Anda keliling ke Jawa Tengah, lebih-lebih daerah Brebes, Anda pasti disuguhi ratusan hektar panorama waha yang segar. Hal ini dimaklumi sebab wilayah tersebut dikenal menjadi pusat budidaya tanaman bawang merah termegah di Indonesia. Bagi Anda yang sudah menyaksikan luasnya lahan bawang merah itu dan terbesik di dalam pikiran Anda melakukan hal yang serupa maka melaksanakan Budidaya Bawang Merah merupakan hal tepat. Tanaman ini merupakan tanaman holtikultura yang tumbuh musiman. Maka dari itu perlu ekstra waspada dalam melakukan penanaman agar saat dipanen Anda takkan kerugian yang disebabkan buruknya kualitas bawang merah yang dimiliki.

Langkah-langkah

Dalam menjalankan Pembudidayaan Bawang Merah, Anda musti memperhatikaan sekian langkah yang dapat menyokong Anda mengerjakan teknik Budidaya Bawang Merah tepat dan benar. Hal pertama wajib Anda pikirkan saat akan merintis lahan sawah tuk bawang merah ialah mencari lahan yang ideal karena itu amat disarankan mencari lahan yang ada di dataran rendah dengan tinggi tanah kira-kira 0-800 mdpl. Berikutnya setelah Anda mendapatkan lahan yang ideal maka Anda harus mempertimbangkan pula suhu area tersebut. Hal ini disebabkan bawang merah yang bagus tumbuh dengan suhu berkisar 280C hingga 300C.

Anda perlu mengerti bahwa dalam menjalankan Budidaya Bawang Merah maka Anda musti menyiapkan lahan yang bisa kena sinar matahari langsung dengan kurun waktu lama. Anda harus mengecek Ph tanah lahan Anda sebab jika tingkat phnya di bawah 6-7 maupun di atasnya maka bawang merah takkan tumbuh sempurna. Lakukan pengecekan kepada kelembaban tanah, paling cocok ialah 60-70%. Jenis tanah yang sempurna tuk menanam bawang merah ialah tanah dari jenis Glei Humus, Latosol, dan Alluvial. Yang perlu Anda saat Anda sudah menemukan lahan yang cocok tuk tanaman bawang merah ialah mengolah tanah itu dengan baik.

Setelah Anda menjalankan pengolahan yang jitu dengan mempertimbangkan kelembaban air dan kondisi tanah maka mampu melanjutkan ke tahap penanaman umbi bawang merah. Pilih bibit bawang merah unggul serta berkualitas. Ini merupakan tahap vital karena akan mematok hasil panen Anda kedepanya. Dalam menjalankan Budidaya Bawang Merah, jika Anda punya bibit umbi yang berusia kurang 2 bulan maka cara menamnya ialah dengan melakukan pemotongan ujung umbi dengan panjang sekitar 1/2 cm. Hal ini tujuannya mempercepat pertumbuhan tunas umbi Anda hingga Pembudidayaan Bawang Merah bisa berlangsung cepat pula.

Langkah yang harus Anda perhatikan berikutnya dalam menjalankan Budidaya Bawang Merah ialah tahap penanaman. Cara melaksanakan penanaman yang baik ialah dengan membenamkan keseluruhan sisi umbi bawang merah ke dalam tanah gembur. Berilah jarak kira-kira 20cm x 20cm tuk masing-masing umbi yang ditanam. Range ini digunakan jika Anda menanam dalam cuaca berhujan sementara bila Anda menanam saat cuaca tengah kemarau alias panas disarankan membuat batas jarak 15cm x 15cm, 5cm lebih pendek jika cuaca sedang hujan. Usai Anda melakukan penanaman yang pas dan benar maka upaya selanjutnya ialah penyiraman tanaman.

Penyiraman rutin dikerjakan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Hal ini dilaksanakan jika umbi bawang merah Anda berusia muda yaitu 0 – 10 harian. Akan tetapi jika usianya mencapai 10 hari keatas maka penyiraman dikerjakan satu kali tiap hari yang bisa dilakukan tiap pagi atau sore saja. Tahap Pembudidayaan Bawang Merah berikutnya ialah melakukan pemupukan lanjutan yang dikerjakan setelah kurun waktu sekian minggu. Langkah penghujung dalam Pembudidayaan Bawang Merah ialah masa panen. Panen bisa dilakukan dengan dua teknik. Pertama dengan mempertimbangkan kondisi daun bawang merah. Jika sudah merunduk lebih dari setengah tingginya artinya siap dipanen. Atau Anda bisa juga menghitung masa panen jadi tiap 70 hari/kali.

One Reply to “Mau Budidaya Tanaman Yang Simpel? Bawang Merah Jawabnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.